HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Monday, April 29, 2019

Perbaikan TV Led Panasonic TH-32C304G Suara Normal Tetapi Gak Ada Gambarnya

Beberapa hari lalu datang teman sekantor membawa tv led milik kantor merk panasonic TH-32C304G dengan keluhan ada suara tetapi tidak ada gambar, langsung saja kucek tv ini dan ternyata memang benar suara normal tetapi gambarnya gelap gulita cek menggunakan lampu hp pada layarnya ternyata tampak gambarnya remang-remang, dari ciri-cirinya sepertinya backlight mati. hal ini bisa disebabkan oleh lampu led yang mati atau bisa juga karena tegangan supply backlight yang tidak ada.
Langsung saja kubuka chasing tv ini dari fisik komponen tidak ada yang rusak, kuukur tegangan supply backlighnya ternyata normal dari hasil analisa bisa dipastikan lampu led backlight ada yang putus, untuk menggantinya pertama-tama kubuka panel layarnya, setelah panel layar terbuka tampak 2 baris rentetan led dimana masing-masing baris berjumlah 6 led. Satu persatu lampu led yang tersusun seri kuberikan tegangan 3V untuk mencari lampu led yang putus, dari hasil pengetesan ternyata ada 1 lampu led yang putus pada baris atas sebelah kanan.
Sebelum penggantian lampu led kulepas terlebih dahulu lensa led yang menempel pada PCBnya dan Seperti biasa untuk penggantian lampu led kugunakan plat heater kalau sobat belum punya bisa menggunakan setrika pakaian dengan cara menempelkan bagian bawah PCB led ke plat heater atau setrika. setelah timah mencair cabut led yang rusak dan ganti dengan led yang baru. Setelah lampu led terpasang pasang juga lensa yang dilepas tadi biasanya saya menggunakan lem LCD HP B8000. Setelah lensa terpasang kukembalikan lagi susunan layarnya seperti semula, memasang kembali mainboard dan kuhubungkan kembali konektor yang ada.
Setelah semuanya terkoneksi saatnya uji coba craaakkk...... led indikator menyala merah kupencet tombol power led indikator berubah hijau dan gambarpun bisa tampil dengan sempurna.


Alhamdulillah cuma ganti lampu led 1 biji hehehehe...
Untuk mempermudah berikut lampu led yang diganti

Demikian share kali ini semoga bermanfaat. Semua yang terposting diblog ini adalah pengalaman pribadi, ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. tetap semangat

No comments:

Post a Comment