HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Thursday, April 23, 2015

TV LCD SAMSUNG GAMBAR BERBAYANG/DOUBLE VERTIKAL

Kali ini datang seorang tetangga membawa tv lcd 32" merk samsung dengan keluhan gambarnya berbayang dengan type panel LTF320AP13





Sebenarnya sempat puyeng juga sih karena cek tegangan dan fisik komponen normal semua kecurigaan jatuh pada panel lcdnya. Tanpa basa basi langsung tanya mbah google Ternyata memang benar kecurigaanku panel lcdnya yang rusak pada sirkit row drivernya yang ada didalam panel lcd. dimana jalur sirkit row driver pada panel lcd ada 2 bagian kiri dan kanan, panel lcd kadang masih bisa digunakan dengan cara memotong salah satu jalur kiri atau kanan.akhirnya ketemu blognya kang marsono langsung saja saya praktekkan.
Saya cari dulu jalur CKV2 dan CKVB2 setelah ketemu kerik menggunakan pisau cutter jalurnya untuk memudahkan penyambungan ulang jika nantinya salah potong, setelah itu saya potong kedua jalur tersebut

Saatnya uji coba dan tv pun saya on, alhamdulillah gambarpun tidak berbayang/double lagi walaupun ada sedikit garis dibagian atas panelnya. terima kasih kang marsono atas limpahan ilmunya
perlu diketahui jalur yang dipotong sebesar helai rambut, jadi saya sarankan bawalah keahlinya, tapi kalau mau coba sendiri ya silahkan dicoba tapi resiko dijamin penumpang hehehe...Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat

27 comments:

  1. Mas.lcd tv saya rusaknya sama .saya lihat di gambar panel sama persis. Tapi gambar di blog kurang jelas.kira2 yg dipotong tepat dijalur ckvb1 mas?soal gambar yg mas upload.tanda lingkaran itu yg ada ckvb1.mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. TV saya Samsung UA32EH4500 32" permasalahan sama persis seperti diatas, apakah saya juga bisa memotong jalur seperti yang lakukan diatas?
    lalu jalur yang dimaksud yang sebelam mana untuk Samsung UA32EH4500 32"..
    terimakasih..

    ReplyDelete
  3. samsung tv led ua32eh4500 berbayang jalor yg mana yg harus di potong bro.. Minta saranya.

    ReplyDelete
  4. Potong jalur CKV1,2 dan CKVB1,2 dulu cof kiri atau kanan dulu
    Biasanya ada 6 jalur dicof kiri dan 6 jalur di cof kanan. kalau masih belum berhasil cut/sunat saja ke 6 jalurnya

    ReplyDelete
  5. Kalau di servis, kira2 kena berapa mas?

    ReplyDelete
  6. Untuk biaya tergantung lokasi & tingkat keparahan

    ReplyDelete
  7. Kalo lcd 32 type LA32E420 berbayang double mas. Jalur yg dipotong mananya.. Mohon infonya

    ReplyDelete
  8. yang dicut jalur ckv1,ckv2,ckvb1,ckcb2,stvp. tiap panel jalur ckv1,ckv2,ckvb1,ckcb2,stvp terbagi 2 row kiri dan kanan. potong salah satu jalurnya yg kiri atau yg kanan dulu. kalau diukur pakai multitester jalur row kiri dan kanan saling berhubungan

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. TV Ane kasusnya sama gan, type LA32D451 jalur yg di potong yg mana gan?, ane udah nanya beberapa tukang service ada yg bilang panelnya harus ganti, dan ada yg bilang mainbordnya, ane mau praktekin cara agan, mohon pencerahaannya.

    ReplyDelete
  11. Buat lcd polytron plm 32m11w gambar ga diam ngerol yg di potong nya daerah mana makasih om

    ReplyDelete
  12. Anonymous4/29/2016

    Kalau rv tabung berbayang apanya yg distel gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya roling? coba cek tunernya mas, kalau kurang fokus putar trim fokus yang ada di flyback, kalau warnanya yang berbayang cek tegangan 180V nya kalau drop ganti elconya biasanya pakai 10uf/250v atau 4.7uf/250v

      Delete
  13. Mas bisa diperjelas lagi gambar yang dipotongnya di bagian mana aja? soalnya takut salah potong mas,,, makasih

    ReplyDelete
  14. askm.mntk maaf sy dri mlysia nk bertanye admin.dicut tu maksudnya apa?mohon admin email pd sy screw_driver73@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. Mas samsung ane Samsung UA32EH4500 32 pernah diservis tapi 6 bulan kemudian berbayang lagi, masih bisa gak di servis lagi ??

    ReplyDelete
  16. kalau untuk tv lcd polytron PLM 32 B21 cutting panelnya yg bagian mana saja pak, terima kasih

    ReplyDelete
  17. Tv lcd saya mrek samsung rusaknya juga serti itu tapi saya masih bingung yang di cut itu yang sebelah mana

    ReplyDelete
  18. kalo masih pada bingung jangan ngawur ikut2an cut-cut aja bro. mending juga bawa ke ahlinya. daripada resiko malah matot tuh panel jadi tambah mahal biayanya. perhatiin aja jalur pcbnya ga lebih gede dari rambut.

    ReplyDelete
  19. Mas , tempat servisnya dmn ya? Sy viba tanya di sini malah harus ganti lcd yg harganya sama aja beli tv baru..hiks hiks

    ReplyDelete
  20. Mas , tempat servisnya dmn ya? Sy viba tanya di sini malah harus ganti lcd yg harganya sama aja beli tv baru..hiks hiks

    ReplyDelete
  21. Mas sya pnya lcd plm 32b21 gambar berbayang..yng d potong jlur kiri tau kanan...trims

    ReplyDelete
  22. Mas posisi dmn? Saya mau service dengan kasus ini

    ReplyDelete
  23. Tv saya la32d400, kerusakan gambar berbayang&double, nah pas saya pegang ic 2 nya yang ada di T-con nya panas, apa harus potong jalur juga mas?

    ReplyDelete