HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Wednesday, March 23, 2016

Active Speaker Polytron PAS 68 Mati Total

Pagi - pagi dapat garapan activ speaker merk polytron dengan type PAS 68 dengan keluhan mati total

segera kubuka tutup belakang aktiv speaker, pertama - tama kuukur tegangan diarea sekunder smps, ternyata tegangan drop seharusnya sekitar 29V, sepertinya ada komponen yang short. mesti ukur-ukur dulu nih.. terutama TR dan diodanya, dari pengukuran didapati TR T611,T612 dengan nilai A1015 short, T609,T610,T613 & T614 dengan nilai C1815 juga short. kalau dilihat dari bekas solderan diPCB sepertinya speaker aktiv ini sudah diobok-obok oleh tuser lain. Dari pengamatan elco C633= 47uf/50v sudah gendut dan C607 sudah diganti dengan 4.7uf/50v oleh tuser sebelumnya yang seharusnya 47uf/50v.

Setelah dilakukan penggantian komponen diatas saatnya uji coba cracckkkk.... lampu indikator sudah menyala, tapi kok suara belum nongol ya? kecurigaan tertuju pada TR PA T615 & T616 tampak dari fisik komponen masih baru yang tertulis TIP41C nah... ini dia biangnya ternyata transistor diganti dengan nilai yang tidak sesuai oleh tuser sebelumnya ck..ck..ck..., seharusnya menggunakan TIP42C (PNP),

langsung saja kuganti kedua transisitor PA tersebut dan kembali dilakukan uji coba craaaackkkkk..... pegang input activ speaker dengan tangan langsung terdengar bunyi nduutt...ndtuutt... hehehehe..... colok ke dvd player lagu "halalin aku bang" langsung menggelegar hehehehehe...

Demikian share kali ini, semoga bermanfaat selalu buat rekan-rekan sekalian.
Mohon bantuannya klik iklan yang ada diwebsite ini untuk keberlangsungan blog ini. Tetap semangat.

78 comments:

  1. kalo PCB satu set ada yang jual ? punya saya pecah karena speaker jatuh

    ReplyDelete
  2. yang rusak pcb power amplinya atau tone controlnya? kalau power amplinya bisa diganti dengan kit power ampli yang menggunakan final tip41 & tip42

    ReplyDelete
  3. usb nya mati knpa ya..di cek dari7805 out normal

    ReplyDelete
  4. Anonymous12/08/2016

    Ass. Saya baru beli speaker polytron PAS 79 suara normal sih gak ada kendala bluetoot juga baik2 saja. Namun sedikit agak mengganggu suara "nging........" Apabila musik di play memang hilang mungkin karna tertutup suara musik. Dan apabila musik di stop bunyi "nging......." Tidak hilang. Yg jadi masalahnya apa ya gan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lepaskan kabel/sambungan keperangkat lain apakah masih terdengar bunyi nging..
      Jika masih putar potensio mic/echo keposisi minimum.
      Semoga membantu

      Delete
  5. gan mau nanya. alternatif pengganti tr r3303 dan tr r4302 apa yang gan. tr ini ada blok powersuplay pas68. mohon bantuannya ya gan.

    ReplyDelete
  6. Ok, Terima kasih. sangat membantu,,-

    ReplyDelete
  7. Gan kalo speakernya bunyi ngiik tapi lampu powernya gak hidup dan displaynya juga mati, kira kira apa yg rusak ya?

    ReplyDelete
  8. Gan kalo speakernya bunyi ngiik tapi lampu powernya gak hidup dan displaynya juga mati, kira kira apa yg rusak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada yg short itu mas, coba cabut sementara transistor tip41 dan tip42 nya, ketika on apakah displaynya bisa hidup

      Delete
  9. Kalau punya sy speaker aktif Polytron pas 68 kl sy putar musik,tiba" mati,trus nyala ulang. kira" apanya yang rusak gan.?

    ReplyDelete
  10. saya punya speaker Pas 79 BU lampu power kedap kedip sdh ganti ic tip nya msih kedapkedip biasa ap yg rusak gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukur tegangan C517 dan C519 normalnya sekitar 25V. kalau tegangan terukur naik turun ganti mosfet 7n65C nya. tapi kalau normal ganti IC 7805 nya
      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
    2. klu tegangan + dan - nya tidak seimbang bagaimana gan,tr tip41/42 jadi cepat panas dan rusak

      Delete
  11. Aktif speaker polytron saya, speaker outnya dengung bergetar..setelah saya cek ter nyata resistor R643 dan Tip41c panas banget...kira2 apa gan yg harus diganti

    ReplyDelete
  12. Aktif speaker polytron saya, speaker outnya dengung bergetar..setelah saya cek ter nyata resistor R643 dan Tip41c panas banget...kira2 apa gan yg harus diganti

    ReplyDelete
  13. Mao tanya dong... Punya ane speaker aktif Polytron pas 68. Kalo fungtion nya ga bisa di gunakan (tidak bisa di pindah/ganti) kira kira kenapa ya... Apa bisa di benerin atau di ganti ya...makasih

    ReplyDelete
  14. Gan, mau tanya, saya baru beli speaker POLYTRON PAS 79, tapi belakangan muncul penyakit, tidak bisa baca flashdisk. yang lain semua berfungsi. mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  15. Gan, mau tanya, saya baru beli speaker POLYTRON PAS 79, tapi belakangan muncul penyakit, tidak bisa baca flashdisk. yang lain semua berfungsi. mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek/ganti IC 7805 dan elconya cek juga soket usbnya. terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  16. Gan..mau tanya nich seputar Polytron pas 68...nilai dari resistor R641 itu berapa ? Soalnya mau saya ganti kondisinya sdh hangus jd ga tahu nilainya

    ReplyDelete
  17. Gan kalo mau tanya ni...Polytron pas 68.out speaker bunyi dengung...to lampu indikator ga mau nyala...mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang short itu bang, cek/ganti TIP41 & TIP42 nya, cek/ganti juga zener dan transistor seperti dipostingan saya. terima kasih

      Delete
  18. Pass 68 Kalo suara line in kecil sebelah tapi mode usb dan mp3 normal, apanya ya..?

    ReplyDelete
  19. tegangan untuk tone control pass 68 berapa ya bos, tegangan ganda apa single?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi ngganti pwer ma travo..msih bgung .. brpa vol yo mas ... Kbel mrah hitam brap vol..kuning

      Delete
  20. Gan, ane punya Sp polytron Pass 71,pake mosfet apa ya yang cocok,udah pake 7n65c jebol trus,padahal dah sy ganti smua tr pendukungnya,kalo ada skema Rangkaiannya boleh kirim gan ke email saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ganti mosfet baru ukur terlebih dahulu tegangan dipin 1/gate, normalnya sekitar 5V. kalau belum ada tegangan cek R di pin gatenya biasanya putus, nilainya 33ohm. 7n65c bisa diganti dengan 9nk70z,8n60,7n60,IRF840, FS7UM catatan: mengganti mosfet yang bodynya besi wajib diberi isolator

      Delete
    2. Klo..tegangan di gate nya 6.75 v,aman kah,padahal dah pake R 33 ohm,biar teg 5v,apanya yaa yang di rubah

      Delete
  21. klu tegangan + dan - nya tidak seimbang bagaimana gan ? tegangan + lebih besar/naik,tr tip41/42 jadi cepat panas dan rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. rangkaian drivernya ada yang setengah short itu bang biasanya transistor c1815,a1015 dan dioda in4148, TIP41C/42C max tegangan 100V

      Delete
  22. Gan mau nanya ane punya speaker polytron pas 79 lampu led nyala tapi layarnya gak nyala speakernya bunyi dengung dan semua tombol gak nyala...kronologi matinya ane pake mode usb nyala seperti biasa tetapi begitu ane kerasin tiba" mati dan nhala lagi terus ane pake mode bluetooth dan mati lagi tetapi malah nyala standbye saja ampek sekarang...kira2 apanya yg rusak itu gan mohon solusinya terimakasih sebelumnya gan...

    ReplyDelete
  23. Kang...saya mau tanya...saya lagi service polytron pa$28, awalnya suara serak...ganti tip 41/42 suara jadi normal.tapi gakbisa lepas gede suaranya...walaupun volume dah pol...coba langsungin dari input ampli...masih ttp sama aja.mohon solusinya kang

    ReplyDelete
  24. Gan aneh punya Polytron pas 27. Kalo saya nyalain speakernya keluar kaya mau copot gitu gan ,Trus saya cabut trafo bawaannya saya ganti trafo biasa seperti diatas malah speaker bergetar hebat gan,kira kira apa gan tolong pencerahanta

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa Speaker aktif polytron pas 68 waktu dinyalain langsung putus sekering nya ? Kira kira apanya . Trm kasih

      Delete
  26. Gan speaker polytron ane jadi mati setelah ada getaran dari suara musik, ters ane gedug2 pelan box nya nyala mati lagi, awal mulanya sih itu speaker abis jatuh, kalo kabel soket ga ada yg kendor trs saya amati fisik ga ada yg terbakar, gelmbumng atau terlhat masih bagus kira2 apanya ya gan
    Mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  27. gan saya mau tanya berapa nilai transitor pada rangkaian polytron pas 68 dengan kode T603 dan T604

    ReplyDelete
  28. Permisi Gan sy mau nanya,speaker aktif polytron sy type pas68,awalnya mati total setelah sy cabut TR tip41c dan TR tip42c,kemudian sy coba lampu powernya dan displaynya nyala,tetapi pd R642 kok jd panas,itu knapa ya,,,???

    ReplyDelete
  29. Enter your comment...mau nanya gan spiker aktip pas68 saya suaranya normal tapi kalo volume dibesarin tibatiba suara mati sama indikatornya,setelah selang 5 menit dnyalakan normal lagi tapi setiap voleme digedein langsung mati,,apanya yang harus diganti ?...mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
  30. gan ane mau tanya,saya pnya sepeaker aktif polytron pas 79 mati total tp lampu stanby nya hidup kira2 apanya ya gan...mhon pencerahannya...trims

    ReplyDelete
  31. gan, kalo polytron pas 68 (b), sepertinya bagian tone control mati sebelah gimana ya?
    soalnya mikropon normal, subwoofer juga normal, cm kalo buat musik sebelah saja (sub woofer tetep kanan kiri nyala)

    ReplyDelete
  32. Maaf bos mau tanya kalo saya punya salon aktf polytron pas68 kalo saya on listrik lansung turun solusinya gman y bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. listrik lansung turun artinya ada komponen yang short coba cek dioda dan mosfet FQPF7N65 diarea regulatornya. Trims

      Delete
  33. jenis apapun mau tv' mau spkr aktp'yg namanya polytron ya ttp produk jelek 'merk terkenal barang gagal

    ReplyDelete
  34. jenis apapun mau tv' mau spkr aktp'yg namanya polytron ya ttp produk jelek 'merk terkenal barang gagal

    ReplyDelete
  35. Pass 68 Sikring psu selalu putus pas di ON.Minta
    Solusinya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dioda dan mosfet FQPF7N65 diarea regulator. Trims

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. klau power supply berdesis/bunyi penyebabnya apa pak?, jalur power amply udah saya putus, fet, transistor dan kapasitor udah coba ganti baru smau tapi hasil tetap sama

    ReplyDelete
  38. Pass 68 volume & bas kalo di setel setengah lebih suka mati/ restart,itu kira² di Psu/tone controlnya??
    Mkasih gan

    ReplyDelete
  39. speker pas 38 mati total apanya gan

    ReplyDelete
  40. Mas nMa komponen icp502 mirip transistor tapi kakinya hNy 2,,,itu kode dibadannya apa? Polytron pas 38

    ReplyDelete
  41. Enter your comment...lampu led hidup tapi lampu indikator usb mpe aux tidak

    ReplyDelete
  42. selamat malam.speker pas 68 polytron,display nya mati,remote ga berfungsi.kalo soket tone contro yg ke mpeg di pasang ga keluar suaranya,kalo di cabut suara normal,tp display tetap mati dan remote juga tetap ga berfungsi,apa mpegnya yang rusak atau ada kerusakan yg lain?

    ReplyDelete
  43. Speaker saya pas 61m tombol functionnya rusak ni gan
    Gimana cara bagusinnya ya?

    ReplyDelete
  44. Mas salam kenal.. maaf saya mau tanya tr 509 .. R3303 itu bisa di ganti dengan apa ya mas trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bang gak hafal, diarea mana letak komponennya

      Delete
    2. Persamaan tr R3303 om apa aja ya om..

      Delete
  45. Mas mau tanya. Polytron pas 68.
    Tadinya sih mati total. Tapi udah tak benerin hidup.

    Tegangan yg ke tunecontrolnya kan 5v (kabel hitam merah) sesuai tulisan di pcb,

    yang (kabel kuning hitam) saya ukur 25v tapi tulisan di pcb 9v.

    Speker sih nyala normal. Tapi takut tegangan over terus lama lama mati.
    Sebenernya tegangan yg bener berapa volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya teg 5V untuk USB/MP3 Player, 12V CT buat tone controlnya kalau diukur 25v(kabel kuning hitam) saya kira normal saja 12+12=24v

      Delete
  46. gan mohon solusi nya r642 jebol terus minta pencerahan nya gan

    ReplyDelete
  47. mau nanya gan,tr t609,t610 panas
    tegangan b+30v b-30v
    speker hidup,tapi kl volume di besarkan langsung jebol tr final dan beberapa tr lain
    kira kira masalahnya dimana ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab tr final jebol bisa dari transistor yg kecil2, tr driver, zenernya, cek juga resistansi speakernya.

      Delete
    2. untuk tegangan b+ dan b- apakah normal 30v?
      tr t610 dan t609 panas walau tidak di sambung ke speker
      diganti semua tr tetep sama,dipaksa dinyalakan dan di brsarkan suaranya,langsung jebol hampir semua tr

      Delete
    3. Tegangan PSU 30v normal saja, Panas artinya ada komponen yang short mas,coba dicek satu persatu komponen dioda, transistor & resistornya. pastikan juga transistor finalnya yang ori kalau mau kuat & watt besar ganti Tip2955/Tip3055

      Delete
    4. komponen yg panas terus tr t610 dan tr t609
      itu kenapa ya mas? saya pake c1815 apa salah?

      Delete
  48. sudh saya cek berulang kali,tidak ada yg short mas

    ReplyDelete
  49. bang, punya saya polytron pas 78. sebelumnya bunyi dengung kemudian saya bawa ke tempat servis dan di ganti elco tegangan primernya. setelah itu bunyinya bagus namun tak sampai 1 bulan, timbul masalah baru, speakernya sekarang mati total. pertanyaan saya bang, apakah itu pengaruh karena elconya yang tidak sesuai? soalnya yang saya lihat, elco yang di ganti tidak sesuai dengan yang rusak sebelumnya. kalau boleh tau nih bang, berapa ukuran/kapasitas untuk elco tegangan primernya 400v dan 150mf atau ukurannya lain? thanks bang sebelumya.

    ReplyDelete
  50. gan mau tanya,polytron pas 68 nilai dari D621 berapa ,?soalnya keropos kaki-kakinya dan hilang gak tau...

    ReplyDelete
  51. Gan smps Polytron pas 68 tegangannya gak seimbang besar (-) dari pada (+) nya..trus r 470 ohm panas

    ReplyDelete
  52. Gan nilai dari T507 berapa..terimakasih

    ReplyDelete
  53. Gan, mau tanya nih... Speaker aktif ku polytron pas28... Pegangannya turun 5 volt, trus tidak ada tegangan minesnya...udah ganti elvi, masih sama, bahkan merusak tip 41 dan resistornya... Tolong solusinya gan

    ReplyDelete