HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Sunday, September 3, 2017

TV Led Toshiba 32P2300VJ layar gelap tetapi suara ada

Selamat siang rekan-rekan, pada kesempatan siang ini saya akan memposting cara memperbaiki Tv Led merk toshiba dengan keluhan layar gelap tetapi suara normal.
Langsung saja kucoba tv ini, ternyata layar gelap gulita tetapi suara normal, jika diamati sepertinya lampu backligh tidak menyala.
Setelah chasing kubuka pengukuran langsung ditujukan ke pin output backligh ternyata pada pin ini tegangan terukur 82V ini sih normal karena belum ada beban, hmmmm... sepertinya lampu backlighnya yang problem.
Karena yakin lampu led backlighnya yang problem, panel layar tv pun kubongkar hingga nampak 24 biji led smd yang dipasang seri dimana terdapat 3 strip masing-masing 8led/strip. Beberapa biji led sepertinya sudah diganti dengan led strip backlight yang banyak dijual dipasaran.
Kuukur dengan multi tester setiap led untuk mencari led yang problem, dari hasil pengukuran ternyata ada 1 led yang short dan 1 led lagi yang putus, sepertinya akibat dari 1 led yang short maka putuslah 1 led yang lainnya karena over tegangan.
Untuk led backlight pengganti kugunakan Led smd dengan merk LG type 3528 3V 1Watt


Sempat bingung juga cara mengganti led backlight ini, karena keterbatasan tool dan modal hehehe...
Akhirnya punya ide menggunakan setrika listrik dengan cara memanaskan bagian bawah PCB backlight sehingga timah pada led smd mencair dan penggantian pun mudah dilakukan, berikut sempat saya foto prosesnya
Setelah kedua led sukses diganti saatnya ujicoba craaakkk.... lampu led backlight dapat menyala sempurna
Kembali kurakit panel layarnya dan kupasang kembali chasing tvnya, langsung ujicoba josss.......
Alhamdulillah gambarnya dapat tampil dengan sempurna.
Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat

2 comments:

  1. bang punua saya bagian inverternya gak kluar strom... tp sy ambil langsung dr elko'nya strum ada.m sulosinya gmn om. mkasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu lampu led backlighnya, dari pengalaman nyrvice ada beberapa type tv yang saya temui apabila lampu lednya putus maka tegangan inverter tidak keluar. trims

      Delete