HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Friday, September 8, 2017

Kerusakan Tv Sharp Great Alexander 29GXF500 Lampu Indikator Mati Total ada suara ngik ngik

Kali ini kedatangan tv sharp great alexander 29" dengan keluhan mati total, langsung saja tv kucoba, dari pengamatan tampak lampu led indikator tidak menyala kemudian terdengar suara ngikk..ngikk..ngikk... begitu seterusnya. Dari ciri-ciri kerusakannya sepertinya ada komponen yang short sehingga menyebabkan beban berat diregulator smpsnya.
Langsung saja chasing tv kubuka, Tv ini menggunakan IC Hercules TDA12011H1 pertama-tama kuukur tegangan B+nya dari hasil pengukuran ternyata tegangan B+ terukur 0V, ukur pin B+ ke Ground terukur tak terhingga woalah... ada yang short ini, kulepas resisitor B+ ke flyback R628, tancapkan steker tv crackk... lampu led indikator dapat menyala merah kemudian berubah hijau tergangan B+ terukur 125V, sepertinya flybacknya sudah short fikirku... Penggantian flyback FA100WJ pun dilakukan, setelah flyback baru terpasang saatnya ujicoba craaakk... ngikk.ngikk..ngikk... ternyata problem masih sama, pengukuran kufokuskan dijalur B+ flyback hingga sampailah pada Q602 sebuah mosfet terukur short dengan type K2161 ternyata ini biangnya hehehe... dilihat dari skema mosfet ini berfungsi sebagai EW driver untuk mengatur kelengkungan gambar, karena tidak punya mosfet sejenis maka kuputuskan menggunakan mosfet IRF840.


Setelah mosfet baru kupasang saatnya uji coba crakkk.... ngikk..ngikk..ngikk... yah.... ngik..ngik... lagi, kuukur mosfet yang baru kupasang ternyata jebol lagi.
Sepertinya ada komponen lain yang short, perburuan pun dilanjutkan kembali hingga sampailah kesebuah dioda EW yaitu D607 terukur short, dibodynya tertuliskan RH4F

kembali kuganti mosfet IRF840 beserta dioda RH4F. setelah kedua komponen terpasang saatnya ujicoba craaakkk..... lampu indikator menyala merah kemudian berubah hijau gak lama kemudian tampillah gambar semut dilayar. Kucolok kabel antena alhamdulillah gambar dapat tampil dengan sempurna.
Sebelum dibungkus kembali kupasang flyback yang lama, ternyata flyback masih berfungsi dengan baik.

Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat

3 comments: