HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Saturday, April 15, 2017

Tv Led Toshiba 29PB201EJ bikin MCB listrik anjlok

Selamat pagi rekan-rekan semua, pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman perbaikan tv led toshiba 29PB201EJ kata siempunya begitu steker tv dicolok kelistrik MCB pln langsung anjlok.

Langsung saja chasing tv kubuka dari pengamatan dibagian bawah pcb regulator tv banyak komponen smd yang hangus terbakar sehingga no part pada bodi tidak terbaca lagi.
kuukur komponen dibagian regulator, ukur dioda ternyata bagus semua, ukur mosfet P7001 ternyata sudah short. Dibodi mosfet tertulis K8A65D.
Karena banyaknya komponen smd yang hangus terbakar akhirnya regulator tv kucoba modifikasi dengan menggunakan regulator gacun. untuk pemasangan regulator gacun kabel biru kupasang dipin 4 optocoupler PC7001, Diantara pin + elco C7009 ke kabel merah gacun kutambahkan C 470pf/1kv diseri dengan R27ohm/2W setelah terpasang saatnya diuji coba sambil mengukur tegangan 5V craccckkk... ternyata tegangan 5V naik turun tidak karuan, kucoba memasang R 100ohm pada pin 5V ke gnd dan zener 5.6V sebagai pengaman jika tegangan 5V over

dan begitu dicoba craaackkk.... tegangan terukur 4.9V ketika standby dan ketika on tegangan  drop 3.6V. tetapi lebih stabil tidak naik turun lagi,akhirnya trimpot pada gacun kuputar sedikit-sedikit sampai mendapatkan tegangan 5V, ketika led hijau terukur tegangan 13V = 13.5V dan tegangan 12V= 12.3V alhamdulillah tv dapat hidup dengan normal.

Untuk lebih jelasnya berikut letak pemasangan regulator gacunnya
Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat                                                                    

1 comment: