HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Sunday, April 30, 2017

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Pada kesempatan kali ini saya akan share cara memperbaiki kipas angin. Dari pengalaman nyervis kipas angin ada beberapa sparepart yang sering didapati rusak diantaranya sebagai berikut:

Kerusakan Kapasitor




Ciri-ciri kerusakan kapasitor kipas angin biasanya ditandai melambatnya putaran baling-baling atau sering kali baling-baling harus diputar dengan tangan terlebih dahulu sehingga kipas angin dapat  berputar dengan normal.
Kerusakan pada kapasitor kipas angin menyebabkan kipas angin kehilangan tenaga untuk memulai putaran baling-baling.
Kerusakan kapasitor sangat mudah diperbaiki hanya cukup mengganti kapasitor dengan yang baru, ukuran kapasitor bervariasi biasanya menggunakan ukuran 1uf/450v, 1.2uf/450v, 1.5uf/450v, 2.2uf/450v, 3uf/450v, 3.5uf/450v. Gantilah sesuai dengan ukuran ka[asitor yang terpasang, jika tidak ada bisa juga mengganti dengan ukuran yang lebih besar akan tetapi putaran kipas menjadi lebih kencang dan motor cepat panas. Jadi saran saya sebaiknya gunakan ukuran yang sesuai.

Kerusakan Bushing Kipas Angin



Ciri-ciri kerusakan bushing kipas angin biasanya ditandai dengan kipas tidak dapat berputar dan dinamo berdengung/bergetar, baling-baling terasa berat/seret jika diputar dengan tangan. Sebelum memutuskan mengganti bushing periksa dahulu lubang bushing jika kondisi lubang busing masih mulus/tidak beset coba bersihkan lubang bushing dengan tiner A spesial begitu juga as nya, setelah bersih teteskan minyak singer atau minyak pelumas mesin jahit bisa juga minyak rantai motor pada kapas yang ada dibagian luar bushing.

Saya tidak menyarankan menggunakan oli dan grease/gemok karena lama-lama akan menjadi kerak.
Jika lubang bushing sudah beset lebih baik ganti bushingnya, cek juga as nya jika sudah beset lebih baik diganti sekalian jika tidak dijamin bushing rusak lagi. Bentuk dan ukuran bushing bervariasi ada yang berbentuk bulat, guci dsb untuk ukuran biasanya 6mm, 8mm dan 10mm.

Kerusakan As Kipas Angin
Ciri-ciri kerusakan as kipas angin sama dengan kerusakan bushing. jika mengganti as yang rusak saran saya lebih baik ganti juga bushingnya.



Kerusakan Thermofuse

Ciri-ciri kerusakan thermofuse biasanya ditandai dengan baling-baling tidak dapat berputar sama sekali dan dinamo tidak berdengung.
fungsi dari thermofuse sendiri adalah sebagai pengaman kumparan dinamo, jika dinamo terlalu panas  maka thermofuse akan putus jadi fungsinya mirip sekring hanya saja menggunakan sensor panas. Letak thermofuse biasanya menempel pada kumparan dinamo, untuk bentuk dan ukuran thermofuse kipas angin biasanya berbentuk kotak kecil ada juga berbentuk bulat panjang, biasanya berukuran 130⁰ 250v 2A ada juga 135⁰ 250v 2A.



Kerusakan Kumparan Dinamo

Ciri-ciri kerusakan kumparan biasanya ditandai dengan baling-baling tidak dapat berputar kadang juga salah satu atau beberapa speed tidak berfungsi dan yang paling parah kumparan terbakar. Jika baling-baling tidak dapat berputar atau salah satu atau beberapa speed tidak berfungsi coba ukur dengan tester kawat yang ada dikumparan biasanya kawat kumparan ada yang putus, jika putusnya dipermukaan masih bisa disambung tetapi jika putusnya didalam kumparan terpaksa harus ganti dinamo. Dari pengalaman kadang didapati putusnya ujung kawat spull yang disolder ke kabel saklar, steker dan kapasitor, biasanya dibungkus isolator tahan panas yang diikat dispull. Untuk kerusakan spull terbakar ya jalan satu-satunya ganti dinamo.
Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat

2 comments:

  1. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Itu yg warna putih bantalan buat bushing nama nya apa pak?

    ReplyDelete