HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Tuesday, August 25, 2015

TV LG Super slim setengah jam dipakai langsung standby

Kali ini datang pasien membawa TV kesayangannya dengan merk LG type 21FLRG, kata yang punya tv tidak bisa dipakai lama 30menit langsung standby. langsung ku tes tv tersebut ternyata benar tv hanya mampu hidup setengah jam dan langsung standby, pencet tombol power diremotenya tv kembali hidup tetapi tidak sampai 5menit kembali standby/protect, sebelum protect gambar tv seperti tidak sinkron layar mengecil dan protek.


Chasing tv kubuka dan kuamati komponen dan solderannya siapa tau ada yang rusak atau retak solderannya. hasil pengamatan komponen dan solderan tidak ada yg mencurigakan.
Mesti ukur-ukur dulu ini pikirku. B+ 110V Good, ukur tegangan input KIA78R09 pin 1 = 12V Good, output KIA78R09 pin 2 =8.6V harusnya 9V nah sepertinya ini biangnya, ketika tv baru hidup tegangan 8.6V lama-lama menurun dan ketika gambar tidak sinkron tegangan terukur hanya 8V, ketika layar mengecil tegangan hanya terukur 7.5V dan langsung drop ketika protek. Langsung saja dilakukan penggantian pemain, karena tidak punya stock IC KIA78R09 akhirnya saya ganti dengan PQ09RD11 milik sharp. saatnya uji coba crackkk tv langsung on, 30 menit tv masih hidup, 1 jam tv masih hidup dan hingga 2jam tv masih tetap hidup. Untuk letak komponennya lupa ambil fotonya
Demikian share kali ini, tetap semangattt

No comments:

Post a Comment