HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Thursday, September 5, 2019

Memperbaiki tv lcd LG M2241-PT Mati Total

Beberapa hari lalu dapat servisan tv Lcd 22" merk LG dengan seri M2241-PT dengan keluhan mati total, setelah kucoba tv ini led indikator padam sama sekali, segera kubuka cover tv ini cek sekring aman saja, kuukur tegangan standby drop, cek tegangan elco besar ada.
Untuk memastikan blok yang bermasalah kulepas soket power supply yang menuju ke main board tv ini ternyata tegangan standby bisa keluar, kupaksa on power supply tv ini ternyata semua tegangan terukur normal. cek pin soket dari psu pada mainboard tv ini ternyata terukur short, untuk memastikan komponen yang short kupasang kembali soket kabel psu kemainboardnya dan kunyalakan sambil meraba komponen yg panas, ternyata ada 1 capasitor yang panas yaitu C511 kulepas dan kuukur capasitor ini ternyata memang benar short, kucoba menghidupkan tv ini tanpa capasitor led indikator bisa hidup. karena tidak tau ukuran capasitor ini akhirnya kuambil dari capasitor bekas mainboard tv yang mirip besarnya dan langsung kupasang pada maiboard tv ini dan alhamdulillah tv bisa hidup dengan normal, kucoba hingga 1jam ternyata tv bisa hidup dengan normal.

untuk mempermudah berikut letak capasitor yang diganti.

Demikian share kali ini semoga bermanfaat bagi pengunjung semua. ini merupakan pengalaman pribadi, ciri kerusakan bisa saja sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. Tetap semangat.

No comments:

Post a Comment