HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Monday, May 13, 2019

Perbaikan Tv Sharp Alexander Slim Led Indikator Menyala Sebentar Kemudian Padam

Beberapa waktu yang lalu dapat servisan tv sharp alexander slim 21AS353E2 kata yang punya tidak menyala sama sekali, begitu kucoba tv ini ternyata lampu led indikator sempat menyala merah beberapa detik kemudian padam.
Langsung saja kubuka chasing tv ini tampak pada area power supply elco 100uf/160v nya bunting pada bagian atasnya, cek Tr horizontal aman, cek dioda disekunder power supply aman juga, karena semuanya aman penggantian elco 100uf/160v pun dilakukan, setelah elco diganti saatnya uji coba craaakk.... lampu led indikator menyala kemudian padam, hmmm... sepertinya tidak ada perubahan, ukur tegangan B+ ketika led indikator menyala terukur sekitar 100v kemudian turun perlahan-lahan hingga lampu led indikator padam, kulepas jumper tegangan B+ ke flybacknya siapa tau flyback setengah short kemudian kuukur kembali ternyata sama saja. Kecurigaan awal optocoplernya sepertinya sudah error sehingga tegangan tidak bisa naik ke 125v penggantian optocopler Pc123 pun dilakukan setelah opto baru terpasang saatnya uji coba crrraaakkk.... lah kok gak ada perubahan, hmmm... sepertinya Ic stabilisernya error juga nih... kebetulan ada stocknya tinggal 1 akhirnya kuganti Ic703 dengan no SE125, setelah penggantian ic Se125 saatnya uji coba crraaakkk..... led indikator menyala merah kemudian berubah terang sembari kuukur tegangan B+ nya ternyata tegangan sudah keluar 125v itu tandanya tegangan B+ dipower supplynya sudah normal he..he..he.. Kupasang kembali jumper B+ ke flyback yang kulepas tadi dan saatnya uji coba craaakk.... alhamdulillah gambar dapat tampil dengan sempurna.


Untuk mempermudah berikut letak komponen yang sudah diganti.

Demikian share kali ini semoga bermanfaat. Semua yang terposting diblog ini adalah pengalaman pribadi, ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. tetap semangat

No comments:

Post a Comment