HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Monday, March 26, 2018

TV Led LG 42LB550A Tidak Ada Gambarnya Tetapi Suara Normal

Hampir sebulan istirahat nyervis karena ada keperluan penting akhirnya kedatangan TV Led LG dengan type 42LB550A, kata siempunya problemnya adalah ada suara tapi gak ada gambarnya.
Langsung saja kucoba tv ini ternyata benar layar gelap gulita sepertinya backlightnya gak nyala sementara suaranya normal.
Langsung saja chasing tv kubuka, dari pengamatan fisik komponen diPCB tidak ada yang rusak atau terbakar, pemeriksaan langsung ditujukan diarea inverter, output inverter terukur drop beralih ke mosfet backligh inverter ternyata bagus sempat curiga drivernya yang rusak, tapi masih ragu-ragu akhirnya coba bongkar panelnya ternyata ada 4 led yang rusak, 2 putus yang 2 lagi short. tv ini menggunakan led 3535 6v, karena gak punya tipe yang sama akhirnya saya putuskan memesannya secara online. Singkat cerita setelah kurang lebih 5 hari tibalah led yang kupesan.
Seperti biasa untuk melapas dan memasang lampu led kugunakan setrika kesayangan istriku hmmm....
setelah ke 4 led terpasang saatnya uji coba craakkk.... sekarang lampu led backlight sudah menyala. tidak lupa kupasang kembali lensa lednya menggunakan lem, sambil kunyalakan backlightnya agar lem lensanya cepat kering. Berikut led yang saya ganti

Setelah dipastikan kering lem lensa backlightnya, kurakit kembali layarnya begitu juga dengan mainboard dan power supplynya. Setelah soket dan konektor terhubung semua saatnya uji coba craaakkk...... gambar semut langsung nongol dilayar dan kutancapkan kabel antena jreeenggg..... alhamdulillah gambar dapat tampil dengan sempurna.
Demikian share kali ini semoga bermanfaat. Yang kutulis adalah pengalaman pribadi, ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. tetap semangat

No comments:

Post a Comment