HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Wednesday, January 24, 2018

Tv Panasonic Quintrix F Series TC-5188 Gagal Start Led Indikator Hijau Kedip-kedip

Beberapa hari yang lalu dapat servisan tv merk panasonic quintrix F series type TC-5188 dengan keluhan led indikator nyala hijau kedip-kedip sembari bunyi ngi..ngik..ngik.. seirama kedipan lampu. Tv ini menggunakan chassis TNP4N1957.
Langsung saja kubuka chasing tv ini, seperti biasa kubersihkan pcb dari debu, setelah bersih nampak IC853 pecah dan Q852 pecah, Berikut letak komponen yang terbakar.


Segera kuganti kedua komponen yang rusak sesuai aslinya yaitu IC853= 78L09 dan Q852= C1815, setelah kedua komponen terpasang saatnya uji coba led menyala hijau dan craaakkk.... tv sudah dapat start tampak gambar semut dilayarnya kemudian blue back, kutancapkan kabel antena dan loh... kok gak ada siaran kucoba auto search channel gak ada yang nyantol, dapat bonusan nih....
Ukur tegangan 33V dituner ada, hmmm... sepertinya tunernya nih... coba ganti tuner eh... sama saja masih belum dapat siaran.
Kucoba mode AV ternyata cuma blue back alias gambar dan suara tidak nongol, lah... berarti bukan tunernya dong, AV mode saja gak nongol juga gambarnya. Dari problem diatas kecurigaan langsung tertuju pada IC Chromanya yaitu IC601 dibodynya tertulis M52770ASP, cari-cari rongsokan PCB tv ternyata ada hehehe... langsung kucabut IC dan kuganti ic bekas rongsokan tv.
Setelah IC terpasang dan dipastikan solderan tidak ada yang short saatnya uji coba craaakkk...... gambar semut langsung nongol, kutancapkan kabel antena alhamdulillah siaran dapat tampil dengan sempurna begitu juga di AV modenya gambar dan suara dapat tampil dengan normal.
Untuk memperjelas berikut letak IC yang diganti
Alhamdulillah bayaran lagi hehehehe....
Demikian share kali ini semoga bermanfaat buat rekan-rekan pembaca sekalian. Tetap semangat

7 comments:

  1. punya skemanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. download dimari bang http://ceesty.com/w0C6GF

      Delete
    2. tidak bisa download, server error 505

      Delete
    3. Barusan saya coba bisa

      Delete
  2. iya sdah bisa, td mlm gangguan, tp bagian regulator yg pakai tr 6 buah gk ad y
    btw tanks gan

    ReplyDelete
  3. Strnya tipenya brp ya....

    ReplyDelete
  4. boleh saya minta skemaya bang...

    ReplyDelete