HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Saturday, December 16, 2017

TV Panasonic TC-14P10SB Tidak Keluar Gambar Kemudian Standby

Kali ini kedatangan TV merk panasonic type TC-14P10SB, dengan keluhan tidak keluar gambar jika diamati pada layarnya tampak cahaya putih berkedip setiap 2-3 detik beberapa saat kemudian standby.
Tv ini menggunakan IC TDA9381PS, langkah pertama kuukur tegangan B+ ternyata normal 90V normal, tegangan video 180v terukur normal. Kecurigaan tertuju pada IC RGB posisinya diPCB RGB soket CRT  yaitu TDA6107JF. kebetulan ada stock langsung diganti dengan yang baru, setelah ic terpasang saatnya uji coba craaccckkk... ternyata tidak ngaruh, problem belum terselesaikan.Mesti ukur ukur dulu ini fikirku.
Ukur output ic regulator IC851= 5V ternyata normal, IC1202= 5V normal juga, ukur IC852= 4V nah... ini penyebabnya seharusnya tegangan output 8v, ukur pin 1 IC852= 6V normalnya paling tidak 11v s/d 12v. dari pengukuran diatas kecurigaan langsung tertuju pada 2 buah elco yaitu C832 dan C857 dengan nilai 470uf/16V kalau diamati dari fisiknya kedua elco masih mulus.
Setelah penggantian kedua elco saatnya uji coba craacckkk.....  raster langsung tampil begitu kucolok kabel antena gambarpun dapat tampil dengan sempurna.


Karena penasaran dengan IC TDA6107JF yang sudah kuganti akhirnya kupasang kembali IC yang lama ternyata ic masih sehat walafiat hehehe...Alahamdulillah gak jadi ganti ic ternyata cuma ganti elco xixixixixi....

Untuk mempermudah berikut letak elco yang diganti

Demikian share kali ini semoga bermanfaat. Yang kutulis adalah pengalaman pribadi, ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. tetap semangat

No comments:

Post a Comment