HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Friday, October 13, 2017

Tv Toshiba Bomba 20N3XE gambar hanya 1 garis horizontal

Pada saat kuterima awalnya tv ini mati total, setelah chasing kubuka cek tegangan disekring ternyata 0V, cek tegangan diinput saklar tegangan 220Vac ada, artinya saklar sudah rusak, singkat cerita setelah penggantian saklar saatnya uji coba craaakkk... lampu indikator sudah dapat menyala tapi raster dilayar tampak hanya garis horizontal saja, oww... paling cuma ic vertikal yang rusak fikirku.

Tv ini menggunakan ic vertikal TA8403A tampak 1 elco C305 tidak jauh dari ic vertikal agak bocor, ditandai dengan bekas cairan yang menempel pada PCBnya.
Singkat cerita setelah penggantian ic vertikal TA8403A dan elco C305=1uf/50V saatnya ujicoba craaakk... ternyata belum ada perubahan, kuurut jalur + elco C305 dan kuukur dengan multitester ternyata jalur ada yang putus, jika bagian atas PCB diterawang dengan lampu tampaklah jalur yang putus menuju ke pin 23 IC TB1231CN, kemungkinan putusnya jalur akibat bocornya elco C305 tadi sehingga jalur pcb panas.
Setelah tau letak jalur yang putus kugunakan seutas kabel untuk menjumper/menyambung jalur yang putus tadi
setelah kabel jumper terpasang saatnya uji coba craaakkk..... alhamdulillah raster sudah terbuka full dan kucolok kabel antena gambarpun dapat tampil dengan sempurna.
Demikian share kali ini semoga bermanfaat. Mohon bantuannya untuk klik iklan yang ada diwebsite ini agar saya selalu bisa menulis dan berbagi pengalaman diwebsite ini. Yang kutulis adalah pengalaman pribadi, ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama letak kerusakannya. tetap semangat

No comments:

Post a Comment