HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Wednesday, June 21, 2017

TV Sharp Q-Vision 20S20 Led indikator kedip-kedip merah

Kali ini kedatangan teman sekantor membawa tv dengan merk sharp Q-Vision type 20s20 dengan keluhan tidak bisa start, led indikatornya hanya menyala merah kedip-kedip. setelah kucoba ternyata benar led indikator hanya menyala kedip-kedip, kalau dihitung  led indikator 8x kedipan kemudian mati.

Langsung saja chasing kubuka dari pengamatan tidak ada komponen yang mencurigakan.
Tegangan B+ terukur naik turun seirama kedipan lampu led, ukur elco B+ normal saja, untuk memastikan bagian sekunder atau primer yang bermasalah sementara kugunakan regulator gacun MK-21, setelah gacun terpasang saatnya uji coba crackk... led menyala merah kemudian hijau kemudian merah lagi ini karena tegangan B+ belum diadjust pada regulator gacunnya. kuputar sedikit demi sedikit trimpot digacun hingga didapat tengangan B+ 115v, ternyata tv bisa start dengan normal, dari percobaan diatas kusimpulkan rangkaian primer smps yang bermasalah. untuk regulator tv ini tidak menggunakan optocoupler terdapat trimpot untuk mengatur tegangan B+. Regulator menggunakan ic TEA2261 sebagai controler dan TR D1884 sebagai finalnya.

Kuganti elco C729 dengan nilai 470uf/16v, elco ini berhubungan dengan pin 16 ic TEA2261 yang merupakan pin VCC, saatnya ujicoba craaakk... ndut..ndut... led indikator masil kelap-kelip, kemudian kuganti elco C716 dengan nilai 1uf/50v, elco ini berhubungan dengan pin 6 ic TEA2261 yang merupakan pin error amp.


Setelah penggantian elco ujicoba pun kulakukan kembali craaakk.... led menyala merah kemudian hijau beberapa detik kemudian gambar semut langsung nongol pada layar. kucolok kabel antena gambarpun tampil dengan sempurna.

Alhamdulillah akhirnya bayaran, lumayan buat tambahan mudik lebaran hehehe...
Semua yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi, keluhan dan ciri-ciri kerusakan boleh sama tetapi belum tentu sama sumber masalah dan letak kerusakannya. Demikian share kali ini semoga bermanfaat. tetap semangat

3 comments:

  1. kalo sharp fine crystal apakah regulator sama dengan sharp q vision

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ic nya sama insyaallah sama juga skemanya

      Delete
  2. Kalau ngete pake gacun apa langsung dipasang pada bagian
    Colektor pada kabel warna merah pada tv tanpa ada yg dicopot untuk pin2nya pada rangkaian regulator

    ReplyDelete